Buat kalian yang belom punya e-mail, jangan bersedih hati, di bawah ini ada cara yang paling mudah membuat e-mail di yahoo.co.id...... ikuti aja langkah-langkah berikut....
- Ketikkan alamatnya di bagian Address www.yahoo.co.id kemudian tekan enter
- Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini
- Klik Daftar (klik yang telah saya beri tanda panah)
- Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, kemudian isikan identitasmu !
- Ketikkan nama depanmu, nama belakangmu
- Pilih jenis kelamin (laki-laki atau perempuan)
- Ketikkan ID mu sebagai calon nama alamat e-mail
- Ketikkan sandi (password) minimal 6 huruf misalnya : joko123
- Ketikkan sandi (password) lagi minimal 6 huruf, dan sandinya harus sama persis dengan yang diatasnya sehingga menjadi sandinya di tulis lagi : joko123
- Pilih daftar pertanyaan, kemudian jawabannya
- Pilih tanggal, bulan,dan tahun berapa kamu lahir
- Isikan kode pos alamat rumahmu
- Pilih Negara
- Isikan alamat e-mail alternative, isikan sembarang saja misalnya joko@plasa.com
- Ketikkan kode verifikasi pendaftaran sesuai dengan apa yang ditampilkan di bawahnya,baik huruf besar kecilnya harus sama persis. Untuk di gambar di bawah ini kode verifikasinya adalah 4KMzyH. Tiap-tiap e-mail mempunyai kode yang berbeda-beda.
- Klik Saya setuju
- Maka akan tampilan Pendaftaran Selesai
- Klik Lanjutkan ke Surat Yahoo!
- Klik Tidak,Terima kasih……….
b. jenis email
Selama ini tentunya Anda telah mengenal tiga jenis layanan email, yaitu POP mail, email forwarding dan email berbasis web. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.
POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Kelebihan :
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.
Kekurangan
Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.
Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.
Kelebihan
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.
Kekurangan
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).
Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.
Kelebihan
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.
Kekurangan
Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.
sumber : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=3973&page=1
c. Cara mengecek, mengirim, membalas email
Phishing sudah menjadi salah satu aktifitas kejahatan di dunia internet sekarang ini. Kalau kita telusuri kata “phishing” sebenarnya berasal dari kata “fishing” yang berarti memancing. Jadi phishing itu cara untuk mencuri informasi penting dari orang lain, seperti username, password, PIN atau nomor kartu kredit. Modusnya bermacam-macam, mulai dari mengirim email palsu sampai membuat website palsu yang mirip dengan aslinya.
Berhubungan dengan cerita diatas, sebulan yang lalu aku dikirimi email yang mengatasnamakan associated content. Itu adalah website tempat berkumpulnya writer dari seluruh dunia yang aku ikuti. Website ini sangat terkenal diantara freelance writer, aku juga sering menggunakannya untuk sharing, mendapatkan income dan mencari tips dari writer top dunia. Tetapi setelah aku lihat emailnya ada yang aneh, terutama dari segi isinya yang berbeda dari biasanya. Akhirnya aku berniat untuk mengeceknya ke support associated content.
Kenapa aku mencurigai email ini? Pertama stuktur bahasanya berbeda dengan yang biasa digunakan oleh website aslinya, ke dua alamat link yang digunakan juga terasa janggal buat aku. Berikut ini kutipan email yang aku terima:
“Dear Associated content user,
Right now we want to perform regular scheduled for monthly accounts, we had checked our system found incompatible information which seems to be no longer valid with your current account information that we have on system. If you changed your account information please follow up the link below and update your account information.
http://associatedcontent2009.001sites.com/index.php
Choosing to ignore this message will result suspension of your account, until you choose to solve this problem. We apologies for any inconvenience this may cause you and we strongly advise you to update your information soon.
Best regard,
Associated content team”
Itulah kutipan email yang aku terima dari tukang “phishing”. Pertanyaannya, bagaimana aku bisa mengetahui bahwa email itu palsu? Jawabannya terletak pada:
1. Salam pembuka yang tidak menyebutkan nama aku sebagai member di database mereka. Ini tanda bahwa mereka tidak memiliki database informasi kita, dan berusaha untuk mendapatkannya melalui email ini.
2. Kemudian link yang disediakan itu terlihat aneh, itu terlihat jelas bukan berasal dari support associated content, karena kalau dilihat lebih teliti itu merupakan sub domain dari website penyedia domain dan hosting gratis. Biasanya kalau teman-teman mengklik alamat website seperti diatas, maka teman-teman akan ditampilkan bentuk tampilan website seperti yang aslinya. Ketika teman-teman berusaha untuk “login” maka mereka sudah berhasil mendapatkan data teman-teman.
3. Untuk memastikan lebih jelas lagi aku langsung menghubungi support associated content, mereka langsung merespon dengan cepat dan memastikan bahwa itu bukan email dari mereka dan mereka tidak sedang melakukan maintenance system. Aku langsung diinstruksikan untuk membiarkan/ignore email tersebut.
Ketika aku cek lagi alamat website tersebut ternyata benar kalau itu website phishing, karena alamat tersebut sekarang sudah tidak aktif lagi (Not found). Kegiatan semacam ini sudah marak terjadi didunia internet dan kita sebagai pengguna harus lebih hati-hati dan waspada ketika menerima email. Karena jika kita telusuri lebih jauh lagi, kegiatan phishing ini tidak dilakukan secara tertutup atau diam-diam tetapi dilakukan secara terbuka dan blak-blakan. Para “phiser” sebutan orang yang melakukan phishing secara langsung meminta informasi yang diinginkan kepada kita dengan trik dan kemampuan yang mereka kuasai.
Biasanya yang menjadi tujuan phisher adalah website yang popular dan memiliki anggota banyak yang tersebar di seluruh Negara. Ada beberapa target website yang dijadikan tujuan phiser untuk mendapatkan info dari membernya, antara lain website penghasil uang, website bank electronic (seperti Paypal, Alertpay, Moneybooker dsb) dan website social network (antara lain facebook, friendster, myspace). Website seperti diatas merupakan “lahan basah” bagi phiser untuk melakukan kegiatan phishing, karena banyaknya member yang berinteraksi dan juga tempat penyaluran uang dan informasi mengenai data kartu kredit.
Jadi kita sebaiknya waspada, apalagi Indonesia merupakan salah satu Negara dengan member terbesar pada situs social network seperti facebook. Untuk mengatasi praktek phishing ini aku mempunyai beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi teman-teman, yaitu:
1. Perhatikan URL dalam email yang dikirim. Lebih baik tidak diklik jika pengirimnya tidak dikenal atau lakukan konfirmasi ke website yang asli.
2. Biasanya seorang phiser tidak mengetahui nama kita, hal ini dapat kita lihat pada salam pembuka email yang dikirim seperti contoh diatas.
3. Pastikan alamat situs web benar-benar valid, dengan mengeceknya di search engine.
4. Jangan memberikan informasi/data pribadi, No. kartu kredit dan PIN kepada siapa saja. Karena pihak website yang asli tidak akan meminta data penting seperti itu pada teman-teman.
5. Waspada dengan email yang menjanjikan hadiah undian atau reward, padahal kita tidak pernah menjadi member website tersebut.
6. Jika teman-teman sudah terlanjur memberikan data pribadi kepada mereka, maka secepatnya ganti password dan data yang penting lainnya. Tetapi jika mereka sudah mendahului dan mengganti password kita, maka sebaiknya teman-teman segera menghubungi support website asli tersebut dan meminta solusi terbaik.
Itulah cara-cara atau tips dari aku untuk tidak terjebak dalam aktifitas phishing melalui email berdasarkan pengalaman aku sendiri. Jadi, kita sebagai pengguna internet harus lebih berhati-hati dalam mendaftar suatu website atau menerima pesan dari luar yang tidak dikenal. Mudah-mudahan ini dapat menjadi manfaat bagi semua tanpa berniat untuk mengurangi aktifitas teman-teman diinternet sesuai dengan tujuannya masing-masing. Kita dapat mengurangi aksi kejahatan phishing atau lainnya jika kita mengetahui bentuk kejahatan tersebut. Terima kasih
sumber : http://freemoneycommunity.blogspot.com/2009/12/cara-mengetahui-email-phishing.html
panduan cara mengirim email ini merupakan lanjutan dari panduan cara membuat email yang saya buat beberapa saat yang lalu. Mengirim email adalah suatu hal yang mudah, tapi tidak semua orang mampu melakukannya tanpa diberi panduan, bagi anda yang belum mampu mengirim email, tidak salah jika anda membaca panduan ini.
1. Langkah pertama adalah buka alamat www.mail.yahoo.com
2. setelah kamu menuju alamat situs di atas, kamu akan menemukan jendela login seperti di bawah ini, masukkan alamat email kamu dan passoword kamu, kemudian tekan Sign In
3. setelah kamu klik sign in, kamu akan dibawa menuju akun email kamu di yahoo, Untuk langkah mengirim email adalah, Klik di Menu Compose untuk menulis surat terlebih dahulu,
4. Setelah kamu klik Compose, nanti kamu akan dibawa menuju jendal tempat menulis surat,
kolom TO : untuk mengisi Alamat email yang ingin kamu kirimi emai,
Kolom CC : diabaikan saja
kolom Subject : untuk tema surat
dan kolom bawah adalah tempat menulis isi suratnya atau isi emailnya
jika telah selesai menulis Surat Tekan Menu Send
5. Jika kamu menemui halaman seperti ini, berati email kamu telah terkirim
di bawahnya terdapat Add To Contact, itu jika kamu ingin menyimpan alamat email yang kamu masukkan tadi ke dalam contatc kamu, jika kamu ingin menyimpannya tinggal Klik saja. pada panduan ini kita simpan saja ya..
6. Setelah kamu klik Add To Contact, kamu akan dibawah ke halaman seperti di bawah ini, jika kamu tau nama awal dan nama belakangnya silahkan masukkan pada kolom yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini, jika tidak kenal kamu boleh langsung tekan menu Add to Address Book yang ada di bawahnya
7. Setelah kamu klik Add to Address Book, kamu akan di bawa ke menu seperti di bawah ini, menandakan kamu telah menyimpan alamat email yang tadi ke address book
ya itulah sedikit panduan cara mengirim email di yahoo,
sumber : http://www.ridwanaz.com/teknologi/internet/petunjuk-cara-mengirim-email-di-yahoo/
Untuk membalas email yang Anda terima di Yahoo! Mail:
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.
Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu.
Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.
Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di
Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesin http://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN.
Sebuah ''mailing list'' hanyalah merupakan daftar dari alamat ''e-mail'' orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.
Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.
- Klik email untuk membukanya.
- Klik tombol "Balas" yang terletak di bagian atas. Jika ingin membalas ke setiap orang yang menerima email tersebut (jika Anda adalah bagian dari grup yang menerima email), klik tanda panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih "Balas ke Semua". Tindakan ini akan mengirimkan balasan Anda kepada semua penerima email asli, serta pengirimnya.
- Jendela Tulis Pesan akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima, Anda dapat mengetik alamat email lainnya.
- Ketik balasan Anda. Jika memilih untuk menyertakan email asli pengirim dalam balasan, Anda dapat mengetik di area di atasnya, di bawahnya, atau bahkan dalam email pengirim tersebut-- untuk menjawab bagian per bagian yang berbeda pada email. Klik kursor di manapun yang diinginkan untuk mulai mengetik. Tips: Untuk membuat balasan yang mudah dibaca, tekan Enter beberapa kali untuk menambah spasi.
- Klik "Kirim" untuk mengirimkan balasan Anda. Catatan: Jika Anda sedang menulis email dan ingin berhenti, klik tombol "Simpan sebagai Draft" di sebelah kanan "Kirim". Tindakan ini akan menyimpan email yang belum selesai dalam folder Draft. Anda dapat selalu kembali bila ingin menyelesaikannya. Catatan: Sebelum meninggalkan komputer, sebaiknya klik link "Sign Out" di sebelah "Halo, nama Anda". Dengan demikian, tidak ada yang dapat menggunakan account Anda sewaktu Anda pergi. sumber : http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/mail/ymail/basics/basics-32.html d. istilah-istilah di email ISTILAH ISTILAH DALAM EMAIL Address Alamat email yang anda miliki Address book atau contacts Istilah untuk daftar nama dan alamat email pada sebuah program email client Attachment istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa pada saat email itu dikirim BCC system email yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat Bounce email Email yang tidak terkirim ke penerimanya dan masuk ke mailbox anda cc melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Beda dengan bcc, cc in tidak menyembunyikan alamat penerima lainnya. Delivery Receipt Pengirim menerima info bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya Distribution list atau mailing list atau groups Fasilitas ajang pertukaran informasi antar sesama Domain Penamaan dalam dunia internet Draft Tulisan yang belum dikirim Exchange server Untuk membuat email server Filters Penyaring email yang masuk. Seperti email porno, penipuan, promosi Folder Fartisi tempat penyimpanan email yang diterima Forward Melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain Header Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll. HTML Email Email yang berisikan gambar dan teks IMAP Metode pengaturan email yang anda terima Inbox Kotak surat Junk mail Email sampah, email yang dianggap tidak perlu bahkan menggangu sipenerima Mailbox Untuk menyatakan sebuah account email dengan kafasitas penampungan tertentu Mail Client Program penarik dan pengirim email Mail Server Perangkat server atau pc untuk melayani dan proses pengiriman dan penerimaan email Mail Transper Agent (MTA) Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email Outbox Tempat penampungan sementara email yang mau dikirim Outlook Nama program mail client yang ada pada operating system windows Plain-text mail Email yang hanya teks saja POP3 Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email preview Pane Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru Sent items Nama dari sebuah folder pada program mail client Signature Identitas pengirim yang harus selalu dituliskan di akhir pesan email SMTP Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email Vacation messege Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email Web based Email Halaman web khusus untuk melayani anda untuk mengirim dan menerima email. WBE ini Milik yahoo, Gmail dll sumber : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/1751242-istilah-email/ e. etika penulisan email Topik ini sudah pernah saya tulis untuk mahasiswa matematika, tapi akan saya ulang lagi untuk mahasiswa ilkom karena bagi mahasisa ilkom, hal ini jauh lebih penting. Terutama setelah bekerja nanti, dimana email menjadi sarana komunikasi utama. Lagipula saya masih mendapat email yang menurut saya kurang tepat. ===== Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email: 1. Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut. 2. Gunakan salam, ada beberapa cara: a. Assalamualaikum, (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim) b. Yth Pak Fulan, (ini yang paling formal) c. Pak Fulan ysh, (formal juga) c. dh, (cara paling singkat, dh=dengan hormat) d. Pak Fulan, 3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih". 4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham. 5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak). 6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek. sumber : http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=3559.0 f. mailling list
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.
Sejarah
Diskusi dan interaksi antarmanusia dapat dilakukan melalui jaringan Internet. Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu.
Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.
Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.
[sunting] Beberapa Jenis Milis di Indonesia
Di samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentuk mailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:- pau-mikro@ee.umanitoba.ca – yang di kemudian hari menjadi mailing list awal para hacker (peretas) Indonesia.
- ids@listserv.syr.edu - jaringan kajian pembangunan Indonesia.
Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di
Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesin http://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN.
[sunting] Cara Menggunakan
- Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan rapi.
- Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebut akurat.
[sunting] Kegunaan Milis
Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.[sunting] Ciri Khas Milis
Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.Sebuah ''mailing list'' hanyalah merupakan daftar dari alamat ''e-mail'' orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.
Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.
[sunting] Dua macam milis
Ada dua macam pengertian jenis milis.- Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.
- Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.
[sunting] Listwashing
Listwashing (pembersihan data) merupakan sebuah proses di mana data individu dalam entri milis dihapus. entri data yang dihapus ini biasanya berisi alamat e-mail atau nomor telepon dari orang-orang yang belum secara sah mendaftar dalam milis tersebut. Sebuah entri dihapus dari daftar setelah keluhan diterima. Hal ini dilakukan karena seringkali ada e-mail berisi spam atau info-info yang dianggap tidak penting oleh orang yang mengajukan keluhan. Semua e-mail tersebut memenuhi kotak masuk (inbox) orang tersebut sehingga ia merasa terganggu dan merasa berhak meminta agar semua e-mail tersebut tidak dimasukkan lagi ke dalam milis.[sunting] Kelebihan
- Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
- Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.
[sunting] Kekurangan
- Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
- Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
- Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar